Place 728 x 90 Ad Here

resume-METODE POD

A. PENDAHULUAN
Metode yang dapat digunakan dalam POD sangat banyak, mulai dari penyajian formal sampai dengan widyawisata. Pengetahuan tentang metode ini sangat penting agar dapat menentukan metode yang sesuai dengan program POD yang dilaksanakan.

B. KONTINUM PROSES BELAJAR SEBAGAI DASAR METODE POD
Metode POD berdasarkan tujuan pendidikan dibagi menjadi 2, yaitu:
(1) membantu orang menata pengalaman masa lalu yang dimilikinya melalui cara baru, dan membantu individu untuk dapat lebih memanfaatkan apa yang telah diketahuinya
(2) memberikan pengetahuan atau keterampilan baru, yakni mendorong individu untuk meraih pengetahuan atau keterampilan yang lebih baik daripada pengetahuan atau keterampilan yang sudah dimilikinya
Posisi atau sifat pengalaman belajar dalam kontinum proses belajar dapat mempengaruhi beberapa hal berikut ini:
1. persiapan dan orientasi bagi proses belajar
2. suasana dan kecepatan belajar
3. peran dan sikap pembimbing
4. peran dan sikap peserta didik
5. metode yang diterapkan agar usaha belajar berhasil

C. PEMILIHAN JENIS PERTEMUAN
Ada beberapa jenis pertemuan yang dapat dipilih seseorang guna menyampaikan sesuatu kepada orang lain, yaitu:
1. institusi
2. konvensi
3. konferensi
4. lokakarya (workshop)
5. seminar
6. kursus kilat
7. kuliah bersambung
8. kelas formal
9. diskusi terbuka

D. MERENCANAKAN PERTEMUAN
1. Prapertemuan
Berbicara seputar apa yang akan dikerjakan, apa tujuan pertemuan, siapa saja yang akan ikut serta, kepada kelompok mana pertemuan itu ditujukan, metode dan alternative apa yang akan digunakan, lokasi pertemuan dan fasilitas yang diperlukan dan juga menetapkan sumber luar yang akan digunakan.
2. Penerimaan Peserta
Berbicara seputar bagaimana sebaiknya menerima peserta yang akan datang, membuat peserta merasa seperti di rumah sendiri, apa yang dikerjakan dalam acara pembukaan, dan bagaimana “mencairkan es”.
3. Prosedur Pertemuan
Berbicara seputar teknik apa yang digunakan untuk menyelesaikan tugas yang dipikulnya. Prosedur yang paling baik dimulai dan dilaksanakan dengan cara santai.
4. Evaluasi
Berbicara seputar apa yang telah dicoba kerjakan, bagaimana mengerjakannya, mengapa dipilih cara itu, dan apakah pekerjaan yang ditetapkan telah benar-benar terselesaikan.

E. METODE DALAM PERTEMUAN
Teknik-teknik penting yang dapat digunakan dalam POD antara lain:
1. penyajian formal  ceramah/kuliah, symposium, diskusi panel, kolokium (colloquy)
2. teknik diskusi
3. demonstrasi dan laboratorium
4. widyawisata (karyawisata)
5. audiovisual
6. komunikasi tertulis

F. PENYAJIAN FORMAL
Penyajian formal yang asli adalah penyajian yang bersifat searah dari pembicara kepada peserta tanpa ada umpan balik dari peserta kepada pembicara, dapat terdiri atas ceramah/kuliah, symposium, diskusi panel dan kolokium.
Jika program ini dikembangkan menjadi pertemuan mimbar formal, tetapi pendengar diberi kesempatan untuk berpartisipasi, dapat dibuat menjadi forum. Kesuksesan forum tergantung pada moderator, yang bekerja keras untuk mendorong pendengar berpartisipasi dan ia harus memulai memberikan dorongan sebelum memperkenalkan pembicara atau anggota symposium.

Referensi:
Suprijanto,H. (2007). Pendidikan orang dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta:
Bumi Aksara.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Real Estate © 2010 Blogger Template design by Justinwoodie.com | Brought to you by Blogger Template Place & Blogger Tutorial | Powered by Blogger.